Minggu, 24 Juni 2018

Sistem Pembayaran Negara Lala

There's a thing that annoyed me sooooooooo much.

Perintilan cashless.

Kan aku anaknya cashless banget nih. Sebenernya suka khilaf aja kalo bawa banyak cash. Nah kemana-mana tuh aku cuma bawa dompet kecil, bukan card holder, soalnya card holder tuh seret-seret gimana gitu. Di dompet receh itu isinya kartu atm, member sbux, kartu pelajar, kartu innisfree, kartu chatime, sama t-cash. Udah mah cashless, sekarang aku bagless. Iya aku males bawa tas. Jadi itu dompet yang udah kecil tidak bermakna aku telantarkan. Sampe sekarang aku cuma bawa selembar 50 ribu buat jaga-jaga sama kartu atm. And guess where i put it. Di belakang case. Btw ini rahasia ya.

Jadi seseorang yang hidup tanpa tas dan dompet sebenernya super praktis, tangan dan badan lo bebas bergerak kesana kemari. Tapi pas lo main ke mall, terus toko ini itu diskon yah maaannn gabawa kartu member! Terus kalo tiba-tiba harus ke toll, atau ke mall ang pake e-money juga gabawa e-money. Tiba-tiba ditanya ktp atau kartu pelajar. Yah apes-apesan sih itu.

Jadiii resolusi di Negara Lala kita cuma pakai satu kartu. Terdengar diktator sih, tapi nggak kok calon rakyatku! Nanti kita cuma pake id card tuh. Sudah mencakup driving license, atm, member, daaannn lain-lain. Loh? Nanti kalo ilang langsung bisa di bobol semua dong? Ya makanya jangan diilangin maleeeennnn. Terus tuh dilengkapi chip gps jadi kaga ada tuh alesan ilang. Full body bisa identifikasi fingerprint biar kalo ilang bisa kelacak tangan-tangan apa yang terakhir megang.

KTPnya bintik hehe
https://twitter.com/bintik_

Nanti nih lo ketilang tuh, terus polisi nanya "bisa lihat surat-suratnya?" Tinggal lo kasi stnk sama id lo. Sorry nih belum kepikiran inovasi dari stnk. Terus di scan tuh sama aplikasi pakpol, nah yang keluar di tu aplikasi tuh cuma informasi normal di driving license. Dia gakan bisa liat info point lo di pusat perbelanjaan onoh udah berapa. Begitu pula kalo tu kartu lo gesek di mall, dia gakan tau lo punya license buat motor apa mobil.

Ke otoriteran dari Lala adalah, bank cuma satu. Bank Negara Lala atau yang biasa disingkat BNL yang dikepalai oleh menteri perekonomian. Biar ga bingun lo mau nabung dimana, pilih yang bunganya gede, administrasinya kecil, sorry nih no more yang gituan. Tapi untuk kalian rakyatku yang soleh ada BSNL tau lah S nya apaan.

Kenapa gak pake chip aja ditanam ditubuh? Sorry ya aku gamau merusak ciptaan tuhan.
Jelasin sistem password dong! Ok. Semuaaaa akun lo yang pake kartu itu, mau passwod member, password atm, password atm syariah, atau apapun itu sama. Hehe, biar ga lupa loh. Dia pake kombinasi angka tapi lebih sering pake retina, but sometimes fingerprint.
Jadi segitu aja sebenernya ini keluh kesah aku tentang kartuku yang banak banget:(
See you!

0 komentar:

Posting Komentar